Resep Sup Telur Sayur

Budayakan sayur mayur di meja makan. Hahaaa..

sup-telur-sayur

 

Intip resep lainnya di sini :

Resep Apfelstrudel

Resep Muffin Coklat

Resep Fusili Udang Keju

Muffin Cake for Baby

Advertisements

Resep Muffin Coklat

Pertama bikin muffin coklat adalah dalam rangka belajar bikin kue-kuean manis buat sarapan. Karena suami suka muffin dan coklat, why not coba bikin muffin coklat. Cari-cari resep di internet, nemu yang mudah didapat bahan-bahannya. Setelah dicoba ternyata enak, semua suka, dan praktis, ga perlu mixer. ¬†Langsung deh… catett.. hehehe.

Ini dia foto dan resepnya. Mudah-mudahan kebaca jelas.

kue-muffin

Sumber resep : http://www.gutekueche.at/schokoladenmuffins-rezept-2017

 

Fusili Keju Udang

Shock banget hari ini timbangan anak ga naik. Hikss.. Padahal bulan lalu naiknya membahagiakan. Curiga kalori makanannya kurang sebulan kemarin. Memang bulan ini dirinya lagi bosen keju-kejuan juga. Sedangkan bulan lalu, di makanannya, ya di lauk, ya karbo, ya sayur, hampir semuanya selalu ditambahin booster kalori, kalau ga keju ya santan, atau butter. Jadinya sebulan ke depan bertekad kembalikan keju dan santan ke piring. Lalu kita lihat hasilnya gimana. Yoossshh…

Tiba-tiba kepikiran bikin beginian buat merapihkan catatan resep pribadi, biar lebih menarik juga. Selama ini menu-menu favorit keluarga saya tulis aja manual di buku sakti. Hehe, tapi itu juga kalau lagi rajin aja. Semoga yang sekarang mah bisa lebih konsisten dan bermanfaat. Eh, semoga setelah di-post di blog ini bisa kebaca jelas juga. Aamiiin..

fusili-keju-udang

Menu ini simpel, praktis, bergizi, dan menarik buat anak. Kalau untuk anak saya, masih ditemani sup lagi di mangkok kecil di mejanya, supaya dia dapat juga asupan kaldu dan sari sayuran yang lain. Boleh lho kalau mau dicoba… hehehe.. ūüėÄ ūüėÄ

 

Ayam Panggang

dscn8746

Akhir-akhir ini suka masak yang simpel-simpel aja. Tapi agak bosan juga karena untuk ayam masak yang simpel paling hanya sop, kaldu, ayam goreng. Pengen bikin ayam panggang tapi yang simpel, ternyata ada lho. Resepnya ngintip di video ini saya, saya tuliskan di bawah juga, beserta tips-tips nya berdasarkan percobaan saya. Arahan rasanya beda ya sama ayam panggang yang sering ditemui di Indonesia. Dua-duanya sama-sama unik dan enak. Suami sama anak ternyata suka lho, saya apalagi. Hehe. Repeat order deh.

Bahan :

1,5 kg Ayam
1 siung bawang bombay besar, iris tipis
2 buah tomat merah (tomat buah/ tomat chery) besar, iris bulat
+/- 5 sdm paprika bubuk
+/- 5 sdm minyak nabati/ mentega
+/- 2 sdm garam dapur
Setengah buah jeruk baby

Cara membuat :

1. Potong ayam sesuai selera, lalu cuci bersih. Bisa juga menggunakan ayam utuh, tidak dipotong. (Semakin kecil ukuran potongan ayam, waktu memanggang semakin singkat. Saya pernah mencoba ayam utuh, ayam potongan besar, dan kecil. Saya pribadi prefer yang potongan kecil kalau hanya untuk sehari-hari sih, lebih cepat matang, dagingnya juga lebih renyah dan gurih. Kalau untuk acara-acara khusus, ayam utuh lebih terlihat mewah di atas meja).

2. Blansir ayam dengan air mendidih kurang lebih 3 menit (ini untuk potongan ayam kecil. Semakin besar potongannya, setelah diblansir sebaiknya di rebus lagi beberapa lama supaya waktu memanggang tidak terlalu lama.)

3. Tiriskan ayam.

4. Panaskan oven 200¬įC.

5. Buat bumbu oles : Campurkan minyak nabati/ mentega, paprika bubuk, dan garam di mangkok. Aduk sampai rata.

6. Balurkan bumbu pada ayam dengan menggunakan kuas masak. Oleskan hingga seluruh permukaan ayam tertutup bumbu. (Jangan terlalu tipis supaya bumbu meresap ke dalam daging. Pada saat dipanggang, air dari dalam ayam akan keluar sehingga ada sebagian bumbu yang akan terbawa menjadi kuah kental).

7. Simpan ayam ke dalam loyang panggang. Taburkan bawang bombay dan tomat, perasan jeruk baby.

dscn8744
Siap dipanggang..

 

8. Panggang ayam di dalam oven, kurang lebih 45-50 menit untuk potongan ayam kecil. Pastikan bawang bombay dan tomat sudah layu. Pastikan juga ayam sudah matang hingga ke tulang menggunakan tusuk gigi atau garpu.

9. Lebih nikmati dimakan bersama nasi hangat dan sambal. Nymmm.. Selamat mencoba! :mrgreen:

image

 

Intip resep lainnya di sini :

Resep Sup Telur Sayur

Resep Apfelstrudel

Resep Muffin Coklat

Fusili Keju Udang

Muffin Cake for Baby

Muffin Cake for Baby

Resep ini saya dedikasikan terutama untuk teteh yang sudah bilang muffin nya enak, namanya teh Dini, ibu super dari tiga anak. Ketiga anaknya pernah mencicipi muffin ini. Selain mereka, suami dan anak saya juga bilang ini enak. Ingat.. jawaban paling jujur adalah yang keluar pertama dari mulut seorang anak kan.. muehehe. Syukurlah… jadi ada bahan buat diposting di blog #eh..

Resepnya saya dapatkan dari buku berbahasa Jerman “Kochen f√ľr Kinder” (Memasak untuk Anak-Anak). Muffin yang satu ini bisa untuk menu camilan atau sarapan baby >1 tahun. Karena di dalamnya sudah mengandung gula dan bentuknya sama seperti muffin pada umumnya. Tapi tenang saja Bun, gulanya ga banyak kok, lebih manis muffin pada umumnya dibanding muffin yang ini. Kandungan nutrisinya juga komplit lho, Bun.. dalam sebuah muffin (kurang lebih 230 kcal) sudah terkandung karbohidrat, protein hewani, buah, sayur, minyak, dan susu. Cocok kan untuk camilan sehat.. bisa dikreasikan dengan topping keju parut juga bagi yang punya project menambah berat badan anaknya. Hehe.

Membuatnya juga cepat, dari mulai mencampur bahan-bahannya hingga matang hanya 30 menit. Ya total dengan timbang menimbang dan cuci-cuci sekitar 45 menitan lah.. Resep ini akan menghasilkan 12 muffin ukuran standar..

Yuk, mari disimak resepnya…

Bahan :
2 butir telor
125 gram gula halus
125 ml Rapsöl (raspen oil/ minyak nabati)
125 ml Buttermilk
200 gram wortel (yang ini saya ganti dengan biji Poppy, karena kebetulan ada, sisa dari bikin kue yang lain)
1 buah Apel kecil
1 sdm jus jeruk
400 gram tepung terigu protein
3 sdt munjung baking soda
12 Kertas Muffin

Cara membuat :
1. Panaskan oven dengan settingan suhu 180 derajat celcius.
2. Kocok telur dan gula bersamaan, kemudian tambahkan minyak nabati dan buttermilk.
3. Cuci wortel dan apel, kupas, lalu parut. Campurkan parutan dengan jus jeruk.
4. Campurkan tepung dan baking soda, kemudian masukkan ke dalam adonan telur. Masukkan parutan wortel dan apel yang telah dicampurlan dengan jus jeruk. Aduk hingga merata.
5. Masukkan kertas Muffin ke dalam cetakan. Masukkan adonan hingga penuh. Panggang dalam oven (suhu 160 derajat celcius) selama 20-25 menit.

Gampang kan, Bun…!? ūüôā

Btw.. Muffin yang saya buat kan saya ganti ya wortelnya dengan biji Poppy.. hasilnya agak pucat, Bun muffinnya.. Saran saya kalau mau diganti dengan yang warnanya cerah layaknya wortel. Oke, Bun..

Ini dia penampakannya… hohoho.. yang tanpa wortel ya Bun.. dibalik wajahnya yang pucat, muffin-muffin ini menyimpan rasa yang enyak-enyak-enyak kok Bun. Hahaha… Berdasarkan testimoni lho ya..

image

image

Ok, Bun.. selamat mencoba bagi yang berminat. Bunda yang sudah coba atau punya ide resep muffin buat baby dengan kreasi lain boleh lho share di-comment… ūüôā

Yang Spesial dari Kampung Saya :)

Wewh sudah lama ternyata nggak nulis ūüėÄ Benar-benar sedang menikmati liburan di¬†kampung halaman. Baru saja dimention sama teman di twitter, isinya mengingatkan saya pada¬†makanan spesial : MANISAN CARICA.=)

Ini dia yang saya bilang manisan carica. Sepintas mungkin¬†penampilannya mirip dengan manisan biasa, tapi tunggu dulu, jangan percaya dengan¬†gembar gembor bahwa rasanya sangat enak sebelum mencobanya sendiri ūüôā
Komentar teman-teman saya yang baru pertama kali mencoba pasti tidak jauh-jauh¬†dari : ” ini buah apaan?wkwkw. Jangan salah sangka, itu karena mereka bilang rasanya unik, mungkin karena mereka belum pernah makan buah yang namanya CARICA.

Jadi, apa itu buah CARICA?

image from: caricawonosoboasri.blogspot.com

Buah carica (Carica pubescen) sebenarnya masih family dari buah pepaya (Carica papaya), bentuk buahnya pun mirip. Tapi meskipun begitu, rasanya sama sekali berbeda. Buah carica berukuran kecil, rata-rata sebesar kepalan tangan orang dewasa. Buah carica yang sudah matang sekalipun lebih banyak mengandung getah dibandingkan buah pepaya. Oleh karena itu jangan sekali-kali mencoba memakan buah ini sebelum diolah terlebih dahulu layaknya buah pepaya.

Pohon carica hanya dapat tumbuh di dataran tinggi¬†yang curah hujannya tinggi. Itulah sebabnya hanya sedikit daerah di Indonesia yang¬†mengenalnya, misalnya saja Wonosobo (kampung halaman saya ūüôā ). Kabarnya sih pohon¬†ini juga tumbuh di Lembang – Bandung, tapi tampaknya belum dimanfaatkan sebagai¬†wisata boga seperti di Wonosobo. Dan ternyata, pohon ini pernah diuji cobakan di¬†Malang – Jawa Timur dan dapat tumbuh, tetapi tampaknya tidak berkembang dengan pesat seperti di Wonosobo. Sepertinya¬†petani Malang lebih tertarik pada buah apel ketimbang keluarga pepaya. Hahaha..¬†only¬†a joke..

images by 3.bp.blogspot.com

Satu botol manisan carica bisa berkisar antara 11000 sampai 13500 rupiah. Sedangkan buah mentahnya di pasaran hanya sekitar 5000 Р6000 rupiah per kilo (1 kilo paling tidak bisa sampai 10 buah).  Kalau beli langsung dari petaninya lebih murah lagi, per
kilonya bisa cuma sekitar 2000-an saja. Satu botol carica hanya cukup menampung 1 buah. Wow, bisnis yang menggiurkan ;p

Waktu masih SMP dulu sering buat makanan ini. Dan rasanya lebih enak lho membuat sendiri daripada beli yang sudah jadi. Kenapa? Karena kita nggak perlu pakai pemanis buatan (yang dapat menimbulkan efek rasa pahit dan kadang bisa memicu sakit kerongkongan bagi yang tidak cocok) juga lebih sehat karena tanpa bahan pengawet. Caranya pun mudah.

Bocoran resep membuat manisan carica. (Resep original dan telah disempurnakan berdasarkan pengalaman ūüôā )

Bahan-bahan :

Buah carica, gula pasir, kapur lenjet (kapur yang biasanya dikunyah oleh nenek-nenek bersama sirih dan tembakau), daun pandan, dan vanili.

Caranya?

1. Pertama-tama buah carica dikupas terlebih dahulu tentunya, dipotong memanjang dari atas ke bawah (ukuran irisan sesuai selera), pisahkan daging buah dari biji dan serat-serat di antara biji dan dagingnya. Biji boleh dibuang, namun serat-
serat cukup dipisahkan dan dicuci.

2. Selanjutnya daging buah dicuci, lalu direndam kurang lebih selama 15 menit dalam air kapur lenjet (kapur lenjet dilarutkan dalam air hangat). Ini bertujuan untuk mengeluarkan semua getah dari buah carica. Jangan lupa bungkus tangan dengan plastik saat mengupas karena buah carica sangat bergetah.

3. Setelah 15 menit buah carica dicuci hingga bersih. Rebus buah carica dalam air. Banyaknya air sesuai selera. Nantinya air ini yang akan menjadi kuah manisan.

4. Jika telah mendidih, masukkan gula pasir (sesuai selera) serat-serat yang telah dicuci agar aroma dan wanginya lebih terasa. Tambahkan daun pandan dan vanili. Aduk pelan-pelan hingga gula dan vanili melarut rata.

5. Angkat jika buah sudah empuk. Maka jadilah manisan carica. Mudah kan?¬†Manisan carica lebih enak dihidangkan dingin-dingin. Sebaiknya disimpan di dalam¬†lemari es, dan dihidangkan bersama es batu. Nyummm. Jadi pengen buat lagi… ūüôā