Muffin Cake for Baby

Resep ini saya dedikasikan terutama untuk teteh yang sudah bilang muffin nya enak, namanya teh Dini, ibu super dari tiga anak. Ketiga anaknya pernah mencicipi muffin ini. Selain mereka, suami dan anak saya juga bilang ini enak. Ingat.. jawaban paling jujur adalah yang keluar pertama dari mulut seorang anak kan.. muehehe. Syukurlah… jadi ada bahan buat diposting di blog #eh..

Resepnya saya dapatkan dari buku berbahasa Jerman “Kochen für Kinder” (Memasak untuk Anak-Anak). Muffin yang satu ini bisa untuk menu camilan atau sarapan baby >1 tahun. Karena di dalamnya sudah mengandung gula dan bentuknya sama seperti muffin pada umumnya. Tapi tenang saja Bun, gulanya ga banyak kok, lebih manis muffin pada umumnya dibanding muffin yang ini. Kandungan nutrisinya juga komplit lho, Bun.. dalam sebuah muffin (kurang lebih 230 kcal) sudah terkandung karbohidrat, protein hewani, buah, sayur, minyak, dan susu. Cocok kan untuk camilan sehat.. bisa dikreasikan dengan topping keju parut juga bagi yang punya project menambah berat badan anaknya. Hehe.

Membuatnya juga cepat, dari mulai mencampur bahan-bahannya hingga matang hanya 30 menit. Ya total dengan timbang menimbang dan cuci-cuci sekitar 45 menitan lah.. Resep ini akan menghasilkan 12 muffin ukuran standar..

Yuk, mari disimak resepnya…

Bahan :
2 butir telor
125 gram gula halus
125 ml Rapsöl (raspen oil/ minyak nabati)
125 ml Buttermilk
200 gram wortel (yang ini saya ganti dengan biji Poppy, karena kebetulan ada, sisa dari bikin kue yang lain)
1 buah Apel kecil
1 sdm jus jeruk
400 gram tepung terigu protein
3 sdt munjung baking soda
12 Kertas Muffin

Cara membuat :
1. Panaskan oven dengan settingan suhu 180 derajat celcius.
2. Kocok telur dan gula bersamaan, kemudian tambahkan minyak nabati dan buttermilk.
3. Cuci wortel dan apel, kupas, lalu parut. Campurkan parutan dengan jus jeruk.
4. Campurkan tepung dan baking soda, kemudian masukkan ke dalam adonan telur. Masukkan parutan wortel dan apel yang telah dicampurlan dengan jus jeruk. Aduk hingga merata.
5. Masukkan kertas Muffin ke dalam cetakan. Masukkan adonan hingga penuh. Panggang dalam oven (suhu 160 derajat celcius) selama 20-25 menit.

Gampang kan, Bun…!? 🙂

Btw.. Muffin yang saya buat kan saya ganti ya wortelnya dengan biji Poppy.. hasilnya agak pucat, Bun muffinnya.. Saran saya kalau mau diganti dengan yang warnanya cerah layaknya wortel. Oke, Bun..

Ini dia penampakannya… hohoho.. yang tanpa wortel ya Bun.. dibalik wajahnya yang pucat, muffin-muffin ini menyimpan rasa yang enyak-enyak-enyak kok Bun. Hahaha… Berdasarkan testimoni lho ya..

image

image

Ok, Bun.. selamat mencoba bagi yang berminat. Bunda yang sudah coba atau punya ide resep muffin buat baby dengan kreasi lain boleh lho share di-comment… 🙂

Advertisements

4 thoughts on “Muffin Cake for Baby

  1. Aduuuh pinternya itu anak-anak makan… anak siapa ya? 😜
    Semoga tambah rajin berkreasi ya, Tante Vidya.. ini anak 3 selalu siap kok jadi tester 😙

    Like

    1. Tau deh yg ibunya gaul pisan, rajin ngevlog euy! :p mamaci te Dini.. jd inget pernah nawarin nugget wortel (trial yg kyknya gagal hahah) sm mereka dibilang “yuck!” Jegeeerr… berasa jd pinalis master chep 😂

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s